Senin, 14 Desember 2009

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Allah Ta’ala telah memudahkan manusia dengan menjadikan madu sebagai obat yang mujarab, dan sebenarnya jika madu tidak/belum dapat menyembuhkan penyakit yang diderita tidak lain hal tersebut hanya kebodohan manusia dalam hal cara konsumsi dan cara pakai terhadap madu. Allah Ta’ala juga telah memudahkan menjadikan madu ada hampir di setiap wilayah di permukaan bumi ini. Madu begitu bermanfaat bagi kesehatan manusia dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Berikut ini sebagian manfaat madu bagi kesehatan manusia.

  1. Madu sebagai pemanis. Gula dapat digantikan dengan madu di berbagai makanan dan minuman. Madu mempunyai komposisi sekitar 69% glukosa dan fruktosa gula, yang memungkinkan digunakan sebagai pemanis pengganti gula.
  2. Madu sebagai sumber energi. Madu juga banyak digunakan sebagai sumber energi yang menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan.
  3. Madu dapat mengurangi berat badan. Walaupun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam menyerap lemak yang disimpan dalam tubuh Anda. Similarly honey and lemon juice and honey and cinnamon help in reducing weight. Demikian juga madu dicampur dengan air jeruk dan madu dengan kayu manis membantu mengurangi berat bedan.
  4. Peningkatan kinerja Atlet. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa atlet. Madu memudahkan dalam menjaga gula darah penyembuhan otot dan pemulihan setelah latihan.
  5. Madu sebagai sumber vitamin dan mineral. Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan gizi vitamin dan mineral yang terdapat pada madu tergantung pada nektar apa yang dihisap oleh lebah madu.
  6. Madu mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-jamur, karenanya madu dapat digunakan sebagai antiseptik alami.
  7. Antioksidan. Madu mempunyai kandungan nutraceuticals, yang efektif dalam mengeluarkan radikal bebas dari tubuh kita. Hasilnya, kekebalan tubuh akan meningkat.
  8. Perawatan kulit dengan susu dan madu. Susu dan madu sering disebut bersama-sama sebagai bahan utama yang menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Olehk karenanya di banyak negara susu dan madu banyak dikonsumsi.

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus

Assalamualaikum Wr.Wb...Welcome to My Zone^^