Minggu, 04 Maret 2012

Arti Pentingnya Hard Skill Dalam Kehidupan (Tulisan 3)

Pada tulisan sebelumnya, kita telah membahas arti pentingnya soft skill dalam kehidupan. Meskipun soft skill lebih dominan dalam mempengaruhi kesuksesan seseorang, hard skill juga memilki peranan yang penting dalam kehidupan. Kita akan mengupas lebih banyak mengenai hard skill dalam tulisan ini.

Hard skill merupakan keterampilan dalam penguasaan ilmu pengetahuan atau akademis, teknologi, dan keterampilan teknis lainnya yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Hard skill cenderung lebih berorientasi dalam pengembangan intelligence quotient (IQ), sedangkan soft skill berorientasi dalam pengembangan emotional quotient (EQ). Selama ini sistem pendidikan di Indonesia memberikan porsi yang lebih besar dalam pengembangan hard skill, ini dapat dilihat dari sistem penilaian di berbagai jenjang pendidikan yang masih berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi pengajar terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran. Sangat penting untuk mengembangkan hard skill, karena kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan benar sangat tergantung dari hard skill yang dia miliki. Seseorang tidak mungkin dapat membuat suatu alat yang berguna jika dia tidak mengetahui cara pembuatan, tujuan dan manfaat alat tersebut. Dalam dunia kerja, saat ingin melamar pekerjaan, calon karyawan perlu untuk mempersiapkan dirinya dengan mengembangkan hard skill sebagai dasar untuk melamar pekerjaan dan kemudian diimbangi dengan soft skill sebagai landasan dalam melakukan pekerjaan.

Tidaklah tepat jika kita hanya mengandalkan salah satu dari hard skill atau soft skill saja. Karena, idealnya hard skill yang menekankan pada aspek kognitif dan teknis keilmuan tertentu harus dilengkapi dengan soft skill yang diperlukan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja seseorang. Kolaborasi antara hard skill dan soft skill akan menghasilkan kehidupan yang lebih baik.

1 komentar:

  1. If you're trying to burn fat then you certainly have to start following this brand new personalized keto meal plan.

    To design this service, certified nutritionists, fitness couches, and top chefs united to produce keto meal plans that are powerful, convenient, money-efficient, and enjoyable.

    From their launch in 2019, thousands of clients have already remodeled their body and well-being with the benefits a professional keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones offered by the keto meal plan.

    BalasHapus

Assalamualaikum Wr.Wb...Welcome to My Zone^^