Jumat, 23 Maret 2012

Rendang, Kuliner Asli Indonesia Yang Mendunia (Tulisan 4)

Bila berbicara kuliner saat ini, siapa yang tidak mengenal rendang? Nama masakan asli Padang, Sumatra Barat (Indonesia) ini telah tersohor di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Tidak heran, mengingat cita rasa rendang yang sangat khas dan lezat. Kelezatan rendang berasal dari bumbu dan cara pengolahannya yang khas. Selain itu, rendang juga memiliki keistimewaan dari sisi historisnya.


Rendang merupakan masakan olahan asli masyarakat Sumatra Barat yang terdiri dari empat bahan pokok, yaitu daging sapi, kelapa, cabai dan aneka bumbu. Untuk memasak rendang, kita harus menggunakan santan dari buah kelapa yang tua karena mengandung lebih banyak lemak agar diperoleh rasa yang lebih gurih. Memasak rendang juga tidak bisa sembarangan, rendang harus dimasak selama kurang lebih enam jam dengan proses pengadukan santan yang dilakukan secara terus-menerus agar bumbu meresap sempurna sehingga diperoleh cita rasa yang khas dan lezat. Keistimewaan lainnya, rendang merupakan masakan yang mampu bertahan 1-2 bulan tanpa berubah rasa dan aroma. Uniknya, semakin lama dan sering dihangatkan rasa rendang justru akan semakin nikmat. Sungguh luar biasa bukan?

Seiring dengan perkembangannya, rendang tidak hanya populer di Indonesia tapi mulai merambah dunia mancanegara. Rendang telah menyebar ke benua Amerika dan Eropa, orang Amerika dan Eropa menyukai global taste rendang yang dinilai memiliki komposisi cita rasa yang sempurna. Pada tanggal 14-15 januari 2012 yang lalu telah diselenggarakan sebuah pameran travel terbesar di Amerika yang bertajuk “LA Travel & Adventure Show”. Dalam acara itu, rendang dinobatkan sebagai “The Most Balanced Food” oleh pihak panitia penyelenggara berdasarkan penilaian bahwa rendang merupakan makanan yang paling enak dengan komposisi dan cita rasa yang lengkap. Sebelumnya rendang juga telah menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Delicious Food versi CNN International. Melihat fakta tersebut, saat ini Menbudpar Indonesia melalui UNESCO tengah berupaya mempatenkan rendang sebagai salah satu warisan kebudayaan asli Indonesia. Maka sudah seharusnya kita bangga menjadi warga Negara Indonesia yang memiliki rendang sebagai kuliner andalan yang telah mendunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum Wr.Wb...Welcome to My Zone^^