Minggu, 08 November 2009

Pelestarian Cual (Batik) Bangka Belitung

Pelestarian Cual (Batik) Bangka Belitung Sebagai Warisan Budaya

Dalam upaya pelestarian Seni Budaya Bangka Belitung Bangka Botanical Garden bekerjasama dengan Cual Ishadi dan Komunitas Fotografer Bangka Belitung menyelenggarakan pemotretan yang diperagakan oleh para model, bertema Pelestarian Kain Cual Bangka Belitung bertempat di Bangka Botanical Garden kawasan Industri Ketapang Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggl 1 oktober 2009, batik yang digunakan di kenal dengan nama kain cual atau limar muntok.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sangat mendukung program yang bertujuan memperkenalkan dan melestarikan salah satu ciri khas kain tenun yang dimiliki oleh provinsi ini tenun cual yang telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kain batik Indonesia telah diakui oleh lembaga PBB yang membidang Pendidikan dan Kebudayaan yaitu UNESCO sebagai hasil cipta, karya dan karsa Bangsa Indonesia untuk itu Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menginstuksikan seluruh masyarakat Indonesia agar memakai batik, pada tanggal 2 Oktober 2009 Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menghimbau kepada seluruh pegawai agar menggunakan batik/cual setiap hari jumat sebagai upaya pelestarian dan mempromosikan kain bermotifkan tradisional tersebut.

Bangsa Indonesia amat kaya akan keanekaragaman budaya. setiap daerah mempunyai corak dan ciri khas tersendiri yang berbeda dengan lainnya seperti yang kita kenal saat ini misalnya Batik Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Jogya, Batik/Cual Bangka Belitung. Untuk Bangka Belitung batik/cual banyak bercorak binatang binatang laut seperti yang peragakan pada cual Ishadi adalah corak kepiting, udang dan cumi-cumi dan masih banyak corak lainnya.

Kain Cual/Batik banyak dikembangkan dan dijual oleh industri rumah tangga yang tersebar diseluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. pemotertan yang mengambil tempat di Bangka Botanical Garden tersebut diharapkan dapat mendukung program Pemerintah dalam melestarikan budaya kita dan tidak ada lagi bangsa lain bisa mengklaim sebagai budaya asli mereka kita karena kita telah ambil bagian dalam melestarikannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum Wr.Wb...Welcome to My Zone^^